Kunjungan Lapangan Mahasiswa Prodi MPI di PPAI Darunnajah 2 Malang




Malang, Rabu 17 Juli 2024. Program studi manajemen pendidikan Islam melakukan kunjungan lapangan di PPAI Darunnajah 2 Malang. Dan acara kunjungan lapangan ini bagian dari bentuk kegiatan pembelajaran secara praktis dari mata kuliah "Studi lembaga pendidikan Islam" semester 4 dan juga menjadi penugasan untuk ujian akhir semester (UAS).

Acara kunjungan ini diawali dengan sambutan Kaprodi MPI, bapak Zaedun Na'im, M.Pd.I. dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada pengasuh PPAI Darunnajah 2 Malang atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa prodi MPI STAIMA Al-Hikam untuk belajar dan mensinergikan apa yang telah dipelajari oleh mahasiswa pada mata kuliah studi lembaga pendidikan Islam dengan kondisi riil di lapangan, dan kunjungan juga terasa spesial karena ada beberapa alumni prodi MPI yang berada di darunnajah 2 ini seperti ibu nyai pengasuh dan kepala sekolah SMP darunnajah sehingga  menambah suasana semakin hangat dan penuh kekeluargaan.

Acara dilanjutkan sambutan dari pengasuh kh Ahmad mukhtar ghozali, beliau bercerita banyak bagiamana beliau mengawali dalam pendirian pondok pesantren dengan lika liku kesulitannya dan bekal yang diperlukan untuk mendirikan pondok pesantren. Pemaparan beliau sangat menginpirasi bagi mahasiswa dalam mengkonsep dan memikirkan strategi yang digunakan dalam mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam termasuk pondok pesantren.

Acara pemaparan materi dilanjutkan ibu nyai cicik, beliau selaku kepala pondok pesantren, beliau menjelaskan pola pengelolaan pondok pesantren dan struktur kepengurusan pondok pesantren yang memberi gambaran tugas dan wewenang dari struktur kepengurusan pondok pesantren dalam menjalankan pengelolaan pondok pesantren. beliau juga menjelaskan langkah dalam mendirikan sebuah pondok pesantren termasuk membentuk yayasan, membentuk tim pengembang, strategi promosinya dan lain sebagainya.

Pemaparan terakhir dari ustadz imdad Rabbani, beliau selaku biro pendidikan menyampaikan model pengembangan lembaga formal SMP Darunnajah 2, yang didalamnya termasuk bentuk pengembangan kurikulumnya,  struktur pengurus lembaga formal yang posisinya berada dibawah naungan pondok pesantren. Beliau juga memberikan kata kunci dalam pendirian lembaga formal, yakni etika dan aturan. karena 2 hal ini harus selaras dan harus dilaksanakan oleh lembaga pendidikan yang menginginkan semakin maju dan beliau menekankan pentingnya melakukan analisis SWOT secara berkala untuk mengukur capaian dan potensi kedepannya

Acara ditutup dengan doa dan foto bersama